Program menghitung luas segitiga dan bujur sangkar menggunakan class dan object

1. DASAR TEORI

Class dan object adalah dasar dari paradigma object oriented programing. Class adalah representasi sebuah tipe data abstrak (Abstract Data Type) yang di dalamnya terdapat struktur data dan operasi (fungsi) yang berkaitan dengan struktur data tersebut. Struktur data di dalam class tersebut biasa juga disebut dengan istilah atribut atau data member. Sedangkan operasinya disebut juga dengan istilah method atau member function. Class dibuat sesuai dengan kondisi nyata artinya bahwa atribut dan operasi di dalam sebuah class adalah memiliki hubungan yang sangat kuat dengan nama class-nya. Misalkan dibuat sebuah class bernama Mobil maka class tersebut setidaknya akan mempunyai atribut berupa jenis mobil, merk, isi bensin, kecepatan, dan tahun pembuatan. Sedangkan operasinya misalkan adalah berjalan, berhenti, tancap gas, injak rem dan nyalakan lampu.

Object sendiri merupakan instansiasi sebuah class. Class adalah template sedangkan object adalah realisasi dari template tersebut, sehingga ketika program dijalankan maka yang bertindak sebagai pelaku utamanya adalah object, bukan class. Bisa dianalogikan pada konsep procedural programming dengan class sebagai tipe data, sedangkan object adalah variabelnya (int angka;). Sebuah class bisa memiliki lebih dari satu object dengan syarat masing-masing object berbeda namanya. Misalnya class Mobil memiliki object Sedan, Pick_Up, Truk dan Bus (Mobil Sedan, Pick_Up, Truk, Bus;).

Di dalam OOP disediakan fasilitas data hiding (penyembunyian data). Fasilitas ini diimplementasikan dengan pemakaian visibility modifier di dalam sebuah class. Ada dua jenis visibility modifier dasar yaitu private dan public. Private artinya bagian class ini hanya bisa diakses oleh fungsi class yang bersangkutan, sedangkan public berarti bagian class ini bisa diakses oleh fungsinya sendiri maupun oleh fungsi lain di luar class yang bersangkutan (misalnya dari class lain, atau dari fungsi utama – main). Umumnya bagian data member bersifat private, sedangkan bagian member function bersifat public.

2. SOAL
Buatlah program menghitung luas segitiga dan bujur sangkar menggunakan class dan obyek

3. SOURCE CODE

class segitiga
{
int s;
int L;
public:
void input()
{
cout<<”ttluas segitigan”;
cout<<”masukkan s= “; cin >> s;
};
void output()
{
L=s*s;
cout<<”luas= ” << L << endl;
};
};

class bujur_sangkar
{ private:
int a,t;
float L;
public:
void input()
{
cout<<”ttluas bujur sangkarn”;
cout<<”masukkan a= “; cin >> a;
cout<<”masukkan t= “; cin >> t;

};
void output()
{
L=0.5*a*t;
cout<<”luas= ” << L << endl;
};
};
void main()
{
segitiga s;
bujur_sangkar b;

int pil;

cout<<”tttmenghitung luas segitiga dan bujur sangkarnnn”;
cout<<”t1. menghitung luas segitigan”;
cout<<”t2. menghitung luas bujur sangkarnn”;
cout<<”masukkan pilihan anda= “; cin >> pil;
if(pil==1)
{s.input();
s.output();
cout<<endl;
}
if (pil==2)
{ b.input();
b.output();

}
}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim dukungan pelanggan kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
WeCreativez WhatsApp Support
Vendor Project
Mr Firdaus
Away
WeCreativez WhatsApp Support
Sales Retail
Mrs Diyah
Away