Faktor yang paling penting dalam latihan menulis adalah bahwa siswa harus terlibat secara pribadi dalam rangka untuk membuat pengalaman pembelajaran nilai abadi. Mendorong partisipasi mahasiswa dalam latihan, sementara pada saat yang sama memperbaiki dan mengembangkan keterampilan menulis, memerlukan pendekatan pragmatis tertentu. Guru harus jelas mengenai keterampilan apa dia mencoba untuk mengembangkan. Selanjutnya, kebutuhan guru untuk memutuskan yang berarti (atau jenis olahraga) dapat memfasilitasi pembelajaran dari daerah target. Setelah target area keahlian dan sarana implmentation telah ditentukan, guru dapat melanjutkan untuk fokus pada topik apa yang dapat digunakan untuk memastikan partisipasi murid. Dengan pragmatis menyisir tujuan ini, guru dapat mengharapkan baik antusiasme dan pembelajaran yang efektif.
Memilih area target tergantung pada banyak faktor; Apa tingkat mahasiswa?, Apa usia rata-rata siswa, Mengapa para siswa belajar bahasa Inggris, Apakah ada niat masa depan yang spesifik untuk menulis (yaitu tes sekolah atau surat-surat lamaran kerja dll .). Pertanyaan penting lainnya untuk bertanya pada diri sendiri adalah: Apa yang harus siswa dapat berproduksi pada akhir latihan ini? (sebuah surat yang ditulis dengan baik, komunikasi dasar ide, dll) Apa yang menjadi fokus dari latihan? (struktur, penggunaan tegang, menulis kreatif). Setelah faktor-faktor ini jelas dalam pikiran guru, guru dapat mulai fokus pada cara untuk melibatkan siswa dalam aktivitas demikian mempromosikan positif jangka panjang pengalaman pembelajaran.
Setelah memutuskan di area target, guru dapat fokus pada sarana untuk mencapai pembelajaran jenis ini. Seperti di koreksi, guru harus memilih cara yang paling tepat untuk wilayah penulisan yang ditentukan. Jika resmi surat bisnis inggris diperlukan, itu tidak banyak digunakan untuk menggunakan ekspresi bebas jenis latihan. Demikian juga, ketika bekerja pada keterampilan menulis bahasa deskriptif, surat resmi sama-sama keluar dari tempatnya.
Dengan kedua wilayah sasaran dan sarana produksi, jelas dalam pikiran guru, guru dapat mulai memikirkan bagaimana melibatkan siswa dengan mempertimbangkan jenis kegiatan apa yang menarik untuk para mahasiswa; Apakah mereka mempersiapkan diri untuk sesuatu yang spesifik seperti hari libur atau tes?, Apakah mereka membutuhkan keterampilan pragmatis? Apa yang telah efektif di masa lalu? Cara yang baik untuk pendekatan kelas ini adalah dengan umpan balik, atau sesi-sesi brainstorming. Dengan memilih topik yang melibatkan para siswa guru adalah menyediakan konteks di mana pembelajaran yang efektif di daerah target dapat understaken.
Akhirnya, pertanyaan tentang jenis koreksi akan memfasilitasi latihan menulis yang berguna adalah sangat penting. Di sini guru perlu sekali lagi berpikir tentang keseluruhan area target latihan. Jika ada tugas segera di tangan, seperti ujian, mungkin dibimbing guru koreksi adalah solusi yang paling efektif. Namun, jika tugas lebih umum (misalnya mengembangkan keterampilan menulis surat informal), mungkin pendekatan yang terbaik akan memiliki siswa bekerja dalam kelompok dan dengan demikian belajar dari satu sama lain. Paling penting, dengan memilih cara yang benar koreksi guru dapat mendorong siswa agak mengecilkan hati.